Profil Singkat

Sumba Integrated Development (SID) merupakan sebuah lembaga swadaya masyarakat yang bergerak dalam bidang community development, Fokus karya kami adalah pada bidang pemberdayaan masyarakat yang rentan, terpinggirkan dan terkucilkan, melalui upaya advokasi kebijakan publik, advokasi sosial, dan advokasi hukum, kami terus berjuang agar suatu saat nanti. Indonesia, khususnya Sumba akan menjadi lingkungan yang terbuka bagi semua orang dengan berbagai perbedaan latar belakang kemampuan, status, kondisi etnik, budaya, karakteristik, pandangan politik dan lainnya.

 

Kami memiliki visi terwujudnya sebuah tatanan masyarakat madani yang secara bersama – sama menghidupi dan mengembangkan nilai – nilai luhur kehidupan untuk kesejahteraan masyarakat. Visi ini kami wujudkan dengan cara menggali dan menghidupkan nilai – nilai luhur kehidupan bermasyarakat sebagai dasar pengelolaan sumber daya/potensi yang tersedia demi kesejahteraan masyarakat, mewujudkan tata kelola organisasi yang memiliki daya saing dalam bidang community development dan memfasilitasi pembentukan dan menghidupkan pranata - pranata yang ada dalam masyarakat untuk menjalankan peran sebagaimana mestinya, demi terwujudnya pemenuhan hak – hak sipil masyarakat.

Visi

-

Misi

-

Program

SID telah mengerjakan program pengembangan anak usia 6 -14 tahun di 24 desa dampingan dan berhasil memfasilitasi pembentukan 22 wadah kegiatan anak yang dikelola oleh komunitas dan diberi nama Rumah Kreatif Anak Sabana (RKAS). Kegiatan rutin RKAS dilakukan dengan menggunakan panduan yang telah didesain oleh ChildFund berupa modul PKHLK (Pendidikan Kecakapan Hidup dan Literasi Keuangan). Modul ini juga digunakan oleh 6 sekolah sebagai panduan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran muatan local atau diintegrasikan dalam mata pelajaran umum yang relevant sesuai dengan sesi-sesi dalam modul PKHLK.

 

Saat ini SID bekerja di 2 kabupaten yang berada di Pulau Sumba, yakni Kabupaten Sumba Timur dan Kabupaten Sumba Barat Daya melayani 2,115 anak dan keluarga yang tersebar di 7 Kecamatan dan 24 desa didukung oleh 1,776 sahabat peduli dari ChildFund International.

 

22 Kelompok Rumah Kreatif Anak Sabana yang tersebar di 2 Kabupaten yakni Kabupaten Sumba Timur dan Kabupaten Sumba barat Daya, dengan penyebaran kelompok berdasarkan desa yakni 14 kelompok RKAS berada di Kabupaten Sumba Timur dan 8 kelompok RKAS berada di Kabupaten Sumba Barat Daya, selain itu SID juga mendampingi 6 sekolah yakni 2 sekolah berada di Kabupaten Sumba Barat Daya dan 4 Sekolah dampingan di Kabupaten Sumba Timur.

Sejak tahun 2018, SID telah memperkuat kelompok  anak usia 8 sampai dengan 14 tahun dengan menggunakan modul PKHLK secara bertahap yang dimulai dari modul 1 yang memiliki 13 sesi yang secara keseluruhan membahas tentang eksplorasi diri  yang mana dalam modul 1 tersebut membahas secara khusus tentang meningkatkan rasa percaya diri anak dan memahaminya dengan cara membantu mereka dalam  mengekplorasi identitas diri mereka sejak dini seperti mereka mengetahui keistimewaan dan keunikan diri, 29 sesi di modul 2 membahas tentang Hak dan Tanggung Jawab termasuk didalamnya menabung dan membelanjakan, pada modul 2 ini membahas secara lengkap tentang 4 hak dasar anak, serta mempromosikan definisi yang luas dan positif dari menabung. Anak-anak tidak hanya menabung uang namun juga belajar bagaimana membelanjakannya secara bertanggungjawab. Dan yang terakhir pada modul 3 sebanyak 16 sesi yang membahas tentang perencanaan dan penganggaran termasuk didalamnya kewira usahaan sosial dan financial.

Selain 3 modul yang di bahas di 22 kelompok Rumah Kreatif Anak Sabana juga mendalami teknik membaca, menulis dan berhitung dengan panduan modul Matematika Gasing (gampang, asyik & menyenangkan) termasuk didalamnya kegiatan – kegiatan ekstra seperti membersihkan rumah ibadah, membersihkan sekolah, rantangan dan mendaur ulang.

Profil Mitra